Adsense

Fungsi dan Manfaat Sertifikat Kartu Prakerja Buat apa sih?

Posting Komentar

Fungsi (Kegunaan) Sertifikat kartu prakerja buat apa sih? simak penjelasan berikut.

Sumber gambar: prakerja.go.id




Di kutip dari web resmi prakerja.go.id

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.


Apa sih tujuan Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan.


Nah, mungkin sebagian dari kalian banyak yang sudah mendaftar dan sudah mendapat sertifikat prakerja.

Atau kalian yang masih belum lolos pendaftaran di tahun 2020 ini, tenang jangan khawatir, tetap semangat karena kemungkinan besar ditahun depan program kartu prakerja ini akan di adakan kembali.


Untuk kalian yang sudah lulus dan mendapatkan sertifikat di dasbor prakerja kalian saya ucapkan selamat, hehe.

Karena otomatis insentif sebesar Rp600.000 ribu kalian selama jangka waktu 4 bulan berturut turut nanti akan segera di proses.

Baca juga: Hati-hati Dengan Situs Palsu Kartu Prakerja, Apakah benar prakerja.vip? Gelombang 11

Mungkin banyak dari kalian yang sudah mendapat sertifikat dan bertanya tanya. Fungsi sertifikatnya buat apa sih?, kegunaan sertifikatnya untuk apa, apakah bisa untuk melamar pekerjaan? dan berapa lama masa berlaku sertifikatnya?.


Dan jawabanya adalah : bisa

Sebelumnya aku pernah menanyakan hal itu kepada platform dimana aku mengambil pelatihan kerja, yaitu dari pihak skillacademy.com, dan pihak skillacademy mengatakan bahwa Sertifikat yang kita dapat, mempunyai eksistensi yang sama dengan sertifikat-sertifikat lain pada umumnya dan sertifikat itu tidak ada tanggal kadaluarsa nya, jadi bisa kita gunakan kapan saja.


Jadi intinya, Sertifikat yang telah kita dapat di platform pelatihan, baik dari luar sekolah, skillacademy, dll. Bisa kita gunakan untuk melamar pekerjaan dan sertifikat itu juga mempunyai eksistensi yang sama dengan sertifikat-sertifikat lain pada umumnya.


Cara memanfaatkan sertifikatnya bagaimana?

Jadi secara simpel, sertifikat yang kita dapat itu bisa menjadi nilai plus untuk kita saat melamar pekerjaan dengan cara kita lampirkan sertifikat itu di portofilio/CV/surat lamaran kerja kita.

Ataupun sebagai penunjang saat kita menjalani interview dari perusahaan dimana kita akan melamar kerja dengan cara memperlihatkan semua sertifikat yang kita dapat di prakerja.go.id.

Dan sertifikat itu pun akan sangat membantu kita saat kita melamar pekerjaan supaya peluang untuk di terima akan semakin lebih besar. Karena kita mempunyai skill yang sudah di akui dan  ter verifikasi dari platform yang kita ikuti.

Tapi Perlu Di ingat!

Yang menentukan kalian akan di terima atau tidaknya di suatu perusahaan bukanlah sertifikat, tapi "skill/kemampuan yang kalian miliki". Karena yang menjadi tolak ukur di suatu perusahaan adalah kalian mampu atau tidak, jadi percuma kalian punya sertifikat banyak tapi kemampuan kalian tidak bisa dibuktikan atau nol besar. jadi jangan lupa terus asah kemampuan/skill yang kalian punya.


Mungkin kurang lebih itu aja yang bisa aku bagikan kepada kalian, semoga bermanfaat dan juga aku doakan semoga kalian bisa mendapatkan pekerjan yang sesuai dan yang kalian inginkan. Aamiin.

Jadi tetaplah belajar dan jangan lupa untuk mengasah kemampuan dan keahilan kalian supaya semakin dekat dengan kesuksesan yang kalian idam idamkan.

Catatan Santri
Follow My Instagram: @kado_custom.unik @catatansantri_official

Related Posts

Posting Komentar